Update Info Penting Via Facebook!

Pendaftaran Beasiswa Al Qasimia University Uni Emirat Arab 2019

Maroko Mizyan - Berkuliah di luar negeri rasanya tidak hanya menjadi impian semata. Terbukanya arus informasi dan banyaknya negara yang menerima mahasiswa asing bisa mewujudkan mimpi menjadi nyata. Salah satu universitas yang terletak di Timur Tengah telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa asing, yakni Universitas Al Qasimia.

Terletak di Kota Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA), Universitas Al Qasimia diresmikan pada 15 April 2015. Meskipun berusia sangat belia, Universitas Alqasimia sudah rutin memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing sejak tahun pertama berdiri. 


Setiap tahun Universitas Al Qasimia membuka pendaftaran online sebanyak dua kali; musim gugur dan musim semi. Saat ini telah dibuka pendaftaran musim semi 2019. Dalam website resminya, tidak disebutkan kapan berakhirnya pendaftaran ini, namun pendaftaran setiap musimnya dibuka selama satu bulan. Silakan cek di webseite resmi http://www.alqasimia.ac.ae untuk mengetahui apakah pendaftaran masih dibuka atau tidak.


SISTEM PENDIDIKAN

Universitas Al Qasimia menggunakan standar empat tahun untuk menyelesaikan program bachelor atau sarjana. Ini belum termauk program intensif bahasa Arab yang akan diberikan pada tahun pertama sebelum masuk kuliah. Selama masa kuliah tersebut, mahasiswa harus menyelesaikan 129-135 jam kredit (credit hours). Adapun fakultas yang tersedia adalah; Fakultas Al-Qur'an al Karim, Fakultas Syariah dan Studi Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Komunikasi, serta Fakultas Manajemen dan Ekonomi.

Semua fakultas menggunakan bahasa pengantar Bahasa Arab, kecuali Fakultas Komunikasi dan Manajemen & Ekonomi yang menggunakan kombinasi bahasa pengantar Arab dan Inggris. Bagi mahasiswa baru yang bahasa ibunya bukan merupakan Bahasa Arab, diharuskan mengikuti program Bahasa Arab intensif selma 1-2 semester reguler. kecuali jika sebelumnya sudah mengikuti tes kelayakan bahasa dan dianggap mampu.

PERSYARATAN
Beberapa persyaratan yang harus dioenuhi untuk mendafta beasiswa ini adalah;
1. Merupakan lulusan SMA sederajat dan wajib membuktikan telah menyelesaikan 3 tahun masa sekolahnya.
2. Nilai rata-rata minimal 70% sebagai syarat masuk semua fakultas di atas
3. Nilai rata-rata minimal 75% bagi pendaftar yang memiliki ijazah SMA jurusan agama yang ingin masuk Fakultas Syariah & Studi Islam, dan Fakultas Al-Qur'an al Karim.
4. Nilai rata-rata minimal 80% bagi pendaftar yang memiliki ijazah SMA jurusan komersial/ekonomi yang ingin masuk fakultas manajemen & ekonomi.
5. Usia maksimal adalah 20 tahun pada saat pendaftaran diri.

Adapun berkas dokumen yang harus dipersiapkan adalah;
1. Ijazah (harus diatestasi oleh kementerian pendidikan dan kementerian Luar Negeri di Indonesia dan kemudian dibawa ke kedutaan UEA di Jakarta.
2. Transkrip asli buku rapor selama 3 tahun
3. Surat asli dari kemendikbud RI yang menyatakan bahawa SMA di mana pendaftar belajar diakui secara resmi dan diakreditasi, serta lulusannya dapat diterima di setiap universitas negeri di Indonesia.
4. Ijazah wajib diterjemahkan dalam bahasa Arab/Inggris, dan salinan terjemahan wanib dilampirkan pada aslinya, dan semuanya dibubuhi stempel.
5. Sertifikat TOEFL bagi fakultas tertentu
6. Salinan paspor asli dengan masa berlaku paling sedikit 6 bulan
7. 12 lembar foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih
8. SKCK (diterjemahkan dan diatestasi)
9. Akte kelahiran dalam bahasa Arab/Inggris (diterjemahkan dan diatestasi)
10. Surat keterangan sehat dari berbagai penyakit berbahaya yang dikeluarkan oleh rumah sakit umum.

CAKUPAN BEASISWA
Universitas Al Qasimia memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa asing yang diterima seleksi online. Cakupannya meliputi;
1. Tunjangan bulanan (termsuk biaya makan)
2. Intensif bulanan musim oanas bagi mahasiswa yang tinggal di asrama selama kelas musim panas
3. Tiket penerbangan PP 
4. Visa dan kartu ID Emirat, serta proses penerbitannya.
5. Asuransi kesehatan
6. Buku pelajaran
7. Bebas Biaya Kuliah
8. Asrama
Meskipun beasiswa yang diberikan penuh, namun pihak universitas memberikan ketentuan bagi mahasiswanya, seperti mempertahankan nilai dan beberapa ketentuan lainnya. Silakan buka link pendaftaran online di sini dan isi semua formulir yang tersedia.

Untuk lebih jelasnya silakan buka panduan yang diterbutkan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Abu Dhabi di sini.

1 Response to "Pendaftaran Beasiswa Al Qasimia University Uni Emirat Arab 2019"