Update Info Penting Via Facebook!

Cara Mendaftar S1 dan Kelas Bahasa FULL BEASISWA di KSU


Maroko Mizyan – Salah satu keuntungan kuliah di King Saud University (KSU) Riyadh, ataupun kuliah di Arab Saudi pada umumnya adalah pemberian Beasiswa penuh bagi pelajar asing. Selain mendapatkan uang saku, subsidi makanan dan asrama pelajar dengan segala fasilitasnya, setiap pelajar juga diberikan uang tiket gratis setiap tahun ketika akan pulang berlibur. Baca juga Kumpulan Informasi Beasiswa Timur Tengah

Namun harus diakui bahwa untuk bisa kuliah di KSU bisa dikatakan gampang – gampang susah. Selain karena ketidak adanya ketentuan maupun standar khusus bagi pelamar, pengumuman kelulusan pendaftar juga cukup lama, yakni minimal satu tahun setelah mendaftar. Hal ini lah yang terkadang membuat calon pelamar khususnya dari Indonesia merasa enggan atau lebih memilih untuk tidak usah repot – repot mendaftar. Namun pada kesempatan kali ini, kami kami akan memberikan penjelasan dan tutorial cara mendaftar beasiswa penuh di King Saud University Riyadh.

Sejak tanggal 1 Juli hingga 8 September 2018, KSU membuka pendaftaran beasiswa bagi pelajar asing. Perlu diketahui bahwa beasiswa ini mencakup program Lughoh wa Tsaqofah (program kelas bahasa sebelum S1, dan setiap pelajar yang akan masuk S1 harus masuk pada program ini terlebih dahulu), program Tadrib Muallimin (khusus untuk guru bagahsa Arab) serta program Lughowiyyah Tathbiqiyyah (Bahasa Arab terapan). Untuk lebih jelasnya mengenai ketiga program ini serta syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, silakan baca artikel sebelumnya Informasi Beasiswa S1 dan Kelas Bahasa KSU.

Persiapan Berkas
Sebelum memulai pendaftaran, pastikan dulu bahwa berkas telah kita siapkan. Berkas berupa scanning atau file dalam format jpeg atau doc. Berikut berkas yang dimaksud;
      ·         Ijazah
      ·         Transkrip nilai
      ·         Paspor
      ·         Pas foto ukuran 200-2000 kb
      ·         Surat rekomendasi (bagi pendaftar selain program pra S1)
      ·         Surat keterangan mengajar (bagi pendaftar program Tadrib Muallimin)
      ·         CV (opsional/tidak wajib)

Langkah 1 >> Membuat akun di website KSU
Membuat aku di website KSU ini bersifat penting agar proses selanjutnya bisa dikerjakan. Pertama – tama masuklah ke sitis resmi pendaftaran Ma’had Lughoh https://ali-admit.ksu.edu.sa/. Lalu buat akun dengan klik Admission. 


Kemudian masukkan data yang diminta; nomor paspor, tanggal akhir berlaku paspor, jenis kelamin, dan kode keamanan. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman pengisian formulir akun lanjutan dan formulir pengisian data pendaftaran.


Langkah 2 >> Mengisi formulir akun lanjutan
Pada tahapan ini, kita harus mengamankan akun dengan setelah mendapatkan ID pada bagian Regristasion of new student. Beberapa poin yang harus dilengkapi dan WAJIB diingat adalah email, password, dan kelengkapan akun lainnya. Usahakan email ini tidak hilang karena pengumuman maupun segala pemberitahuan akan di kirim ke email tersebut.

Langkah 3 >> Mengisis data diri
Pengisian data diri dilengkapi pada bagian Personal Information. Pada kolom nama terdapat empat kata yang terdiri dari nama pertama, nama ayah, nama kakek dan nama terakhir. Jika nama Anda kurang dari 4 kata, maka lengkapilah dengan nama (berturut – turut) ayah atau kakek, dan nama terakhir boleh isi nama yang sudah diisikan. Intinya, empat kolom pada data nama harus diisi semua.
Isi juga alamat lengkap.
Pada kolom nomor telpon, tulis kode negara dengan 00, bukan tanda + (contoh; 0062).
Cummulative GPA adalah nilai rata – rata yang terdapat pada transkip nilai. Pilih standar maksimal penilaian misalkan 100, lalu tulis nilai; 83 [spasi atau koma] 45.

Langkah 4 >> Upload Berkas
Pada langkah ini, berkas yang kita siapkan sebelumnya di upload pada kolom yang sudah tersedia. Usahakan besaran file antara 200 sampai 2000 kb, tidak kurang dan tidak lebih.
Lanjutkan pengisian hingga selesai, termasuk pada kolom further information. Teliti dengan cermat. Kemudian klik New Regristasion atau Submission.
Setelah berhasil maka tampilannya sebagai berikut;

Langkah 5 >> Aktivasi Akun dan Pendaftaran
Kemudian cek email Anda, maka akan ada dua pesan masuk. Pesan pertama berisikan tentang informasi login Number ID dan password. Sedangkan email kedua berisi link untuk mengaktivasi akun. Silakan klik here. maka akan dialihkan dan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Kemudian login pendaftaran ke akun Anda dengan menekan tombol here. kemudian pada tampilan berikutnya masukkan username dan password sesuai dengan yang sebelumnya kita isi. Jika lupa, silakan cek pesan masuk pertama pada email.

Langkah 6 >> Melengkapi Student Hopes
Setelh loogin dan berhasil masuk ke akun, klik list Diploma – Arabic Linguistics Institute, Diploma of profiency in Arabic Non native Speakers (dilingkari) untuk memilih pengajuan, setelah itu akan muncul pengajuan yang kita pilih di sebelah kanan (di lingkari).

Kemudian klik tab Save Hopes berwarna hijau yang berada di bagian bawah. Setelah itu muncul tambilan berikut, pilih Agree.

Setelah itu muncul laporan studi kuliah yang kita ajukan seperti berikut;

Dengan adanya Student Hopes tersebut, maka pendaftaran sudah selesai dan tinggal menunggu waktu pengumuman apakah pendaftar diterima atau tidak.

Selanjutnya, silakan back untuk kembali ke tampilan akun sebelumnya.

Jika Anda perhatikan, terdapat 4 tab di halaman tersebut. Tab 1 (Student Details); untuk melihat formulir yang telah diisi sebelumnya, dan masih bisa diperbbaiki jika terdapat kekeliruan saat pertama kali memasukkan data. Tab 2 (Student Preferences); untuk melihat program yang kiti pilih. Tab 3 (Admission Procedurs); berkaitan dengan ketentuan penerimaan dalam Institut Bahasa Arab KSU. Tab 4 (Change Password) untuk merubah password.

Jika kita sudah resmi diterima, dan diumumkan dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan, maka kita akan mendapatkan surat Isy’ar Qobul (Surat Resmi Diterima) melalui email seperti contoh berikut ini;

Demikianlah ketentuan dan prosedur pendaftaran Beasiswa penuh Program Bahasa di KSU. Apabila terdapat hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Sumber referensi dan gambar; ppmiriyadh.com

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs DI SINI

20 Responses to "Cara Mendaftar S1 dan Kelas Bahasa FULL BEASISWA di KSU"

  1. Assalamualaikum akhi, maaf apakah ada tes tertentu untuk mendapatkan beasiswa tsb? Dan berapakah kuota yg d terima KSU tiap tahunnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam.
      Tidak ada tes khusus untuk masuk ke KSU, alias murni hanya apply melalui online sebagaimana mayoritas universitas di Saudi. Sedangkan untuk kuota admin kurang tahu.

      Delete
  2. Assalamualaikum maaf mau bertanya, maksud nya surat rekomendasi dan surat keterangan mengajar itu maksud nya apa ya? Terus surat itu harus di klaim jadi bahasa arab?. Terma kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam.
      Surat rekomendasi adalah surat yang berisi rekomendasi dari pihak tertentu (bisa dosen maupun rektor) bahwa siswa yang bersangkutan layak dan berhak untuk mendapatkan beasiswa dan kesempatan kuliah di suatu kampus.

      Sedangkan surat keterangan mngajar adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak kepala sekolah atau yayasan bahwa yang bersangkutan benar benar mengajar atau menjadi guru di sekolah tersebut.

      Benar, harus berbahasa Arab.

      Delete
  3. Assalamualaikum, bisa bertanya untuk kejelasan study KSU untuk program study ini S1 apa D2, kok ada 1 th atau 2 th persiapan, lalu untuk biaya kuliah, biaya asrama, biaya hidup apa memang ditanggung KSU? Mohon maaf dan mohon kejelasan infonya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam...
      Sebenarnya ada 3 program;
      1. Program S1, namun bagi yang diterima harus mengikuti kelas persiapan bahasa selama satu atau dua tahun.
      Adapun dua program lainnya setara dengan S2.

      Semua biaya sudah ditanggung dan dibebaskan termasuk tiket PP dan tiket liburan tiap tahun.

      Delete
  4. Bismillah, untuk pengumuman dari pihak KSU biasanya berapa lama akh? Apakah ada batas pendaftaran juga? Jazaakumullah Khoiron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumuman biasanya satu tahun. Pendaftaran berakhir 8 September

      Delete
  5. Ana baru tau infonya tadi pagi ana belum punya paspor, katanya kalau bikin paspor 2 minggu kurang lebih, sedangkan penutupan katanya tgl 8 ,, Kira kira lebih dr itu masih bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu kami, pembuatan pasport hanya 3 hari.
      Adapun pendaftaran jika melebihi tgl 8, wallahu alam.

      Delete
  6. Assalamualaikum,, afwan ana mau tanya kalau kita gk punya no telepon rumah, apa bisa pakai no telepon pribadi??? , Syukron jazaakumullahu khoiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam.
      Iya, gunakan nomor pribadi

      Delete
    2. Tapi kok ana ketik angka 0 dia gk mau yaa??

      Delete
    3. Silakan dicoba terus, atau diulang

      Delete
  7. Assalamualaikum
    Ana mau nanya, surat rokomendasi itu harus bahasa arab atau bisa bahasa indonesia terus diterjemahkan tersumpah, syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam...
      Usahakan surat langsung berbahasa Arab

      Delete
  8. Assalamualaikum akh, untuk tahun ini ada lagi tak program biasiswa ke KSU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam...
      Pendaftaran selalu dibuka setiap tahun.

      Delete
  9. Afwan akhy, Apakah cv juga harus berbahasa arab terjemah tersumpah?

    ReplyDelete