Update Info Penting Via Facebook!

Tanya Jawab Beasiswa Kuliah S1 Maroko


Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) setiap tahun rutin mengirimkan delegasinya ke negara-negara Timur Tengah untuk mendapatkan beasiswa pendidikan. Beberapa Universitas Negeri Islam di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi dipersiapkan sebagai lokasi untuk menjaring dan menyeleksi calon penerima beasiswa. Ada empat negara tujuan yang bisa dipilih oleh calon penerima beasiswa, yakni Mesir, Maroko, Sudan dan Lebanon. Pada kesempatan kali ini, Maroko Mizyan akan merangkum hal-hal yang sering ditanyakan oleh para peserta terkait beasiswa kuliah S1 khusus Maroko jalur Kemenag.

 

Pendaftaran
1.    Usia ijazah saya satu tahun lebih dua bulan, apakah boleh ikut mendaftar?
Tetap boleh. Yang dimaksud dalam persyaratan tentang keharusan usia ijazah tidak boleh lebih dari satu tahun adalah tidak mencapai tahun ke dua sejak kelulusan. Jadi misalkan Antum lulusan tahun 2018, maka bisa dipakai untuk mendaftar pada seleksi edisi 2018 dan 2019, bukan 2020 ke atas. karena pada 2020 itu usia ijazah berarti sudah dua tahun, sesangkan tahun 2019 masih dianggap satu tahun.

2.    Ijazah saya yang berusia tidak lebih dari satu tahun adalah ijazah Ma’had ‘Aly,
apakah boleh digunakan untuk mendaftar?
Tidak boleh. Ijazah yang dipakai harus ijazah MA, SMA, SMK, Kejar Paket C, Pesantren Mu’adalah atau yang sederajat. Adapun ijazah Ma’had ‘Aly maka statusnya setara dengan ijazah Program Sarjana (S1).

3.    Saya ingin sekali kuliah di Maroko, namun ijazah saya sudah expired. Mohon solusi dan jalan keluarnya!
Bisa melalui jalur PBNU. Dan dalam hal ini maka Antum harus menghubungi atau mendatangi kantor PBNU pusat secara langsung, karena PBNU tidak membuka pendaftaran secara online. Atau alternati lain, jika Antum sudah terlanjur kuliah di Indonesia, maka selesaikan dulu kuliahnya baru kemudian meneruskan kuliah di Maroko Program Pasca Sarjana (S2). Karena daftar S2 tidak mensyaratkan usia ijazah.

4.    Saya baru lulusan tahun ini dan ijazah saya belum keluar. Bagaimana saya mendafftar?
Jika ijazah belum keluar, maka harus menyertakan surat keterangan LULUS dari sekolah sebagai ganti dari ijazah.

5.    Bolehkah saya kuliah di Maroko dengan tanpa jalur biasiswa, dan bagaimana caranya?
Perlu diketahui sebelumnya bahwa kuliah di Maroko tidak boleh ditempuh melalui jalur mandiri, jadi harus masuk melalui jalur beasiswa yang salah satunya berasal dari Kemenag.

6.    Saya sudah terlanjur dartar di negara tujuan lain. Apakah sudah tidak bisa lagi daftar ke Maroko jika saya berubah fikiran?
Masih bisa. Silakah daftar ulang dengan alamat email dan nomor telpon yang berbeda.

Kuota Beasiswa
7.    Berapakah kuota beasiswa S1 yang diberikan oleh Kemenag?
Kemenag hanya memberikan 15 kuota yang diambil dari nilai tertinggi hasil seleksi. Selain itu kemanag juga menyiapkan 5 peserta cadangan untuk mengisi slot 15 yang bisa jadi berhalangan untuk berangkat.

Ujian Seleksi
8.    Meliputi apa sajakah ujian seleksinya nanti?
Ujian seleksi menggunakan Bahasa Arab secara penuh, terdiri dari ujian tulisan (tahriri) dan lisan (syafawi). Ujian tulisan meliputi melanjutkan potongan ayat (kebanyakan dari juz 1, 2 dan 30), pemahaman teks, tata bahasa (gramatikal), insya’ (mengarang tulisan dengan tema yang telah ditentukan), serta pengetahua Agama Islam. Sedangkan ujian lisan meliputi percakapan, terjemahan dan pemahaman teks, serta hafalan al Qur’an minimal 3 juz.

9.    Saya hafal tiga juz tapi dari belakang. Apakah boleh?
Boleh, yang penting totalnya tiga juz. Namun alangkah baiknya jika hafalannya adalah dua juz awal dan juz 30 (1, 2, dan 30), karena beberapa soal tulisan menyinggung juz-juz ini.

10. Apakah tim penguji berasal dari Timur Tengah langsung?
Tidak. Tim penguji adalah orang Indonesia sendiri yang merupakan lulusan Timur Tengah.

Beasiswa yang Didapat
11.  Setelah saya lolos ke Maroko, beasiswa apa sajakah yang akan saya terima?
Beasiswa hanya meliputi gratis biaya pendidikan dan uang sebesar 1500 MAD (Dirham Maroko) yang diberikan setiap dua bulan sekali. Jadi biaya asrama, sewa rumah, konsumsi dan biaya hidup lainnya menjadi tanggungan pribadi.

12. Bagaimana dengan uang tiket dari Jakarta ke Maroko, apakah akan diganti?
Mengacu pada jawaban pertanyaan di atas, maka beasiswa tidak mencakup pada biaya tiket pesawat PP.

Perkuliahan
13. Jika diterima di Mesir kita akan masuk di Universitas al Azhar Kairo, lantas bagaimana jika diterima di Maroko?
Berbeda dengan Mesir, Maroko akan menempatkan delegasi Indonesia dari Kemenag di beberapa kampus naungan Ta’lim ‘Aly yang berbeda, di antaranya Universitas Sidi Mohamed Fez, Universitas Cadi Ayyad Marrakech, Universitas Mohamed V Rabat, Universitas Hasan ll Casablanca dan lain-lain. Calon mahasiswa diberikan pilihan untuk menentukan kampus mana yang Ia pilih, namun ketetapan terakhir tetap berada di tangan Kemenag. Ketersediaan universitas berbeda-beda tiap tahunnya. Pada edisi 2016, hanya Universitas di Fez dan Marrakech. Sedangkan pada edisi 2017 bertambah ke universitas di Rabat. Adapun pada edisi-edisi sebelumnya, mahasiswa Indonesia ditempatkan di universitas kota lain, seperti Kota Oujda, Kenitra dan Meknez.


14. Bagaimana jika saya memilih untuk kuliah di Universitas Qurawiyyin atau Universitas Dar al Hadits?
Tidak bisa. Karena dua universitas tersebut tidak termasuk dalam naungan Ta’ilm ‘Aly.

15. Jurusan apa sajakah yang tersedia di Maroko?
Untuk program sarjana (S1), jurusan yang bisa diambil oleh delegasi Indonesia adalah Dirosat Islamiyyah, Sastra Arab dan Syariah. Adapun jurusan lain atau jurusan umum tidak tersedia.

Demikianlah tanya jawab beasiswa S1 Maroko jalur kemenag. Artikel ini akan terus diperbarui jika ada hal-hal yang perlu ditambahi. Jika ada hal yang perlu ditanyakan silakan sampaikan di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk selalu cermat dan teliti terhadap informasi yang tersedia sebelum mengajukan pertanyaan.

Baca informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini

21 Responses to "Tanya Jawab Beasiswa Kuliah S1 Maroko"

  1. Assalamualaikum apakah 1500 MAD tersebut cukup untuk biaya hidup di maroko selama 2 bulan? 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam...
      Melihat kebutuhan hidup di Maroko yg cukup mahal maka tidak cukup.

      Delete
  2. Afwan,yang ana baca kan ada tuh fak.kedokterannya,gak boleh ngambil jurusan itu yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh karena Kerjasasama yang disepakati tidak mencakup pada jurusan tersebut, maka tidak boleh.
      Lagi pula, untuk urusan fak. Kedokteran, Universitas-Universitas di Indonesia jauh lebih unggul dan mempunyai rating yang bagus.

      Delete
  3. Afwan ya akhi... jika pendaftaran di buka lg tolong beri kabar saya ini no wa sy 085259933648 sy sy sngat ingin kuliah di sana...mksh ya akhi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp yg beasiswa akhi...klo bkn sy ndk bs.

      Delete
    2. Kemungkinan pendaftaran beasiswa dibuka kembali tahun depan. persiapkan dirimu dan sering - seringlah cek informasi di internet.

      Delete
  4. Saya telat ikut tes beasiswa di kemenag. Apa ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan coba daftar tahun berikutnya.

      Delete
    2. Saya sekarang sedang kuliah di salah satu mahad aly yg sudah diresmikan kemenag. Katanya lulusan mahad aly bisa melanjutkan s2 di timur tengah, apakah betul demikian?
      Terus seandainya saya sudah semseter 2 di mahad aly apakah bisa pindah ke timur tengah melanjtkan semester 3 ?

      Delete
    3. Iya benar.

      Tidak bisa melanjutkan,harus memulai dari semester pertama.

      Delete
  5. Assalamualaikum kak .. kira2 biaya sewa rumah atau asrama dan makan brp kak ?kalau rupiah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam.
      Baca artikel terbaru Maroko Mizyan, 'gambaran dan perincian biaya hidup...

      Delete
  6. Kalau kuliah di maroko .. apakah bisa haji ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, bahkan gratis.
      Dengan mengikuti seleksi

      Delete
  7. Ka.....boleh kah mndaftar...kn saya llusan thun 2018,dkarenakan dpondok saya diwajibkan ngbdi 1 thun apa boleh saya daftar thun dpan d 2019,karena saya tidak dbolehkan kuliah stelah pngabdian 1 thun ka.....mohon atas jawabanx....mkash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa daftar di tahun 2019.
      Semangat untuk mengabdinya, semoga berkah.

      Delete
  8. Assalamualaikum.....ka mau nanya sebelum mendaftar k maroko,ap aj yg harus di siapkan berkasx ka trus ap berkasx itu sdah hrus dtrjmahkan k b arab dlu baru mendaftarkan d website kemeneg atau ikut seleksi dlu bru dtrjmahkn k b arab,ap saja berkas yg hrus dtrjhkn,trus ap ka website online untuk pndaftaran k maroko,trus kira2 kpan d bukax pendaftran online atau beasiswa k maroko d thun 2019 pda bulan ap ka kira

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum.....ka mau nanya sebelum mendaftar k maroko,ap aj yg harus di siapkan berkasx ka trus ap berkasx itu sdah hrus dtrjmahkan k b arab dlu baru mendaftarkan d website kemeneg atau ikut seleksi dlu bru dtrjmahkn k b arab,ap saja berkas yg hrus dtrjhkn,trus ap ka website online untuk pndaftaran k maroko,trus kira2 kpan d bukax pendaftran online atau beasiswa k maroko d thun 2019 pda bulan ap ka kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam..
      Pendaftaran kemungkinan dibuka pada bulan April. Persyaratan nya dokumen diantaranya ijazah atau surat keterangan lulus, dan baru diterjemahkan ketika sudah diterima dan dinyatakan berangkat.

      Delete
  10. Kak.. adakah univ lain fakultas kedokteran disana yg menerima jalur tahfiz??

    ReplyDelete