Update Info Penting Via Facebook!

Minyak Argan, Minyak Super Ajaib Yang Hanya Ada di Maroko

Maroko Mizyan -  Bagi para pemerhati produk kosmetik, barangkali minyak argan (argan oil) sudah tak begitu asing di telinga. Apalagi minyak ini sudah begitu populer dan diakui dunia akan khasiatnya yang luar biasa. Namun bagi orang awam kususnya kebanyakan orang Indonesia, minyak argan mungkin masih tabu. Minyak jenis apakah itu? Pada artikel kali ini kehebatan minyak argan akan dibahas dengan tuntas.

Pohon Argan Hanya Tumbuh di Maroko
Minyak argan berasal dari biji kacang Argan pilihan dari pohon yang telah berusia ratusan tahun. Pohon ini hanya bisa hidup di daerah barat daya Maroko tepatnya kawasan kota Aghadir dan pegunungan Atlas Raya. Para penduduk suku Berber atau biasa disebut Amazigh mengolahnya secara manual untuk mendapatkan kualitas minyak Argan yang maksimal. Butuh 100 kilogram biji argan dengan proses yang teramat sulit untuk menghasilkan satu liternya. Maka tak heran kiranya jika minyak ini tergolong langka dan mahal.

Menurut penelitian pakar sejarawan, eksistensi minyak Argan telah dimulai sejak 1550 tahun sebelum masehi. Kala itu minyak Argan telah dimanfaatkan untuk kecantikan wajah dan perbaikan kulit rusak.

Daya Tarik dan Khasiat Minyak Argan
Sudah tidak diragukan lagi kalau minyak argan ini memiliki khasiat luar biasa yang kini telah menjadi promadona incaran orang di seluruh dunia, terutama Eropa dan Amerika. Semua ini tak lepas dari besarnya daya tarik dan khasiat yang ada dalam minyak Argan. Tak salah kiranya jika minyak ini disebut dengan The Golden Oil dan mempunyai keunggulan yang lebih tinggi dibanding minyak zaitun. Berikut ulasan tentang khasiat dan manfaat minyak argan;

1. Melembabkan Kulit
Manfaat utama minyak argan sebenarnya adalah melembabkan kulit. Sifatnya yang mudah diserap kulit mampu memberikan efek lentur dan lembut pada kulit. Juga bisa mengganti fungsi body lotion untuk dijadikan sebagai pelembab alami paling efektif karena tanpa bahan kimia dan cocok untuk semua tipe kulit. Cara penggunaanya mudah. Oleskan minyak argan pada permukaan kulit dengan lembut sambil dipijat.

2. Mengatasi Jerawat
Jerawat memang seringkali mengganggu dan membuat jengkel, apalagi bekas luka yang ditinggalkannya. Beberapa cara sering digunakan untuk mengobati jerawat agar bisa tampil lebih percaya diri, namun hasilnya tidak optimal. Bagi Anda yang mempunyai keluhan jerawat hingga bertahun - tahun, tak ada salahnya untuk mencoba minyak argan. Minyak argan mampu mengatur sebum atau zat penyebab jerawat dan mencegah produksi sobum berlebihan. Kandungan linoleic pada minyak argan juga sangat baik untuk mengatasi inflamasi kulit. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak argan pada bagian yang terkena jerawat maupun bekasnya. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

3. Mengencangkan Kulit dan Melawan Tanda Penuaan
Kulit yang mulai berkerut dan tidak kencang lagi merupakan ketakutan banyak orang seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar kolagen dan melemahnya otot pada kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidannya mampu mengatasi kerutan dan perubahan kulit yang diakibatkan oleh proses penuaan. Caranya oleskan minyak argan pada wajah, pijat dengan metode melingkar. Gunakan pada malam hari sebelum tidur.

4. Melembutkan dan Melembabkan Bibir
Cuaca dingin seringkali membuat bibir kering dan pecah - pecah. Meskipun kelihatannya sepele, namun masalah initidak boleh dibiarkan. Bibir pecah juga mengganggu penampilan serta rawan mengalami pendarahan. Untuk mengatasi hal ini, minyak argan adalah solusinya. Cukup oleskan pada bibir secara lembut dan pijat perlahan - lahan.

5. Menghilangkan Bekas Luka

Mempunyai bekas luka memang sering membuat penampilan tidak menarik, apalagi jika lukanya terdapat pada bagian yang tampak dari luar. Minyak argan dengan kandungan vitamin E yang tinggi mampu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekasnya. Cukup ambil beberapa tetes dan oleskan pada bekas luka. Minyak argan akan bekerja dengan menghilangkan sel rusak dan membantu pertumbuhan sel baru.

6. Mencegah dan Menghilangkan Stetch Marks
Setelah melahirkan, seringkali wanita mengalami stretch marks sehingga perut tampak melar dan kendor. Meskipun hal ini wajar, namun jika dibiarkan terlalu lama akan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Untuk mengatasi hal ini, cukup oleskan beberapa tetes minyak argan pada permaukaan kulit perut.

7. Mengobati Kaki Pecah
Kaki pecah mungkin menjadi masalah besar, lebih - lebih buat kaum hawa. Jika kondisinya lebih parah pasti juga memberikan efek rasa sakit yang tidak biasa. Dengan mengoleskan minyak argan pada permukaan kulit yang pecah secara teratur, masalah ini bisa teratasi.

8. Melindungi dan Memperbaiki Rambut Rusak
Terkadang polusi udara, bahan kimia dan paparan sinar UV membuat rambut rusak dan kusut. Orang seringkali tertipu dengan produk yang berbahan kimia mahal untuk mendapatkan keindahan yang hanya sesaat, padahal tentu akan tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang. Setelah keramas, aplikasikan minyak argan dari pangkal ke ujung rambut. Maka rambut indah dan sehat akan Anda dapatkan melalui perawatan mudah ini.

9. Anti Ketombe dan Rambut Rontok
Gatal pada kulit kepala disebabkan oleh ketombe atau rambut yang kotor dan tidak sehat. Puncaknya adalah rambut mengalami kerontokan yang dapat mengakibatkan kebotakan. Minyak argan dengan kandungan nutrisinya dapat mengatasi hal ini dengan mudah. Caranya, usai keramas membersihkan rambut, ambil beberapa tetes minyak argan lalu oleskan pada kulot kepala perlahan - lahan secara merata. Ratakan juga pada seluruh rambut. Langkah ini bisa Anda lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil prima.

10. Melembutkan dan Memperindah Rambut
Minyak Argan mempunyai kandungan asam lemak dan omega 6 yang bisa melembabkan rambut. kandungan nutisinya juga mampu menjangkau bagian Karatin sehingga membuat warna rambut tampak lebih indah. Oleskan beberapa tetes minyak argan dan oleskan kulit kepala secara merata. Biarkan minyak meresap dan bekerja dari dalam.

11. Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan
Tidak hanya pemakaian luar, minyak argan juga sangat baik untuk dikonsumsi dan mengobati berbagai jenis penyakit yang ada di dalam tubuh. Minyak Argan ampuh mengatasi reumatik, melancarkan sirkulasi darah, gangguan pencernaan, kanker, diabetes, kolesterol, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Biasanya dikonsumsi 3 tetes dalam satu hari sebelum makan. Namun beberapa produk minyak argan yang beredar di Indonesia adalah produk khusus kosmetik atau pemakaian luar, sehingga cukup sulit mendapati minyak argan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Demikianlah penjelasan tentang keajaiban minyak argan. Suatu anugerah terbesar bagi masyarakat Maroko bagian selatan dan sekitarnya. Dari sinilah anugrah itu dibutuhkan dan menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini

0 Response to "Minyak Argan, Minyak Super Ajaib Yang Hanya Ada di Maroko"

Post a Comment