Update Info Penting Via Facebook!

Profil Universitas Muhammad V Rabat Maroko


Profil Universitas Muhammad V Rabat, Maroko – di antara universitas paling populer di Maroko adalah Universitas Muhammad V Rabat. Terletak di ibukota pemerintahan kerajaan Maroko, kampus ini merupakan jenis kampus Ta'lim 'Aly yang menjadi salah satu tujuan kuliah mahasiswa Indonesia yang belajar di Maroko, khususnya mahasiswa delegasi KEMENAG RI.

Baca Juga 5 Perbedaan Talim Aly dan Talim Atiq


Dilansir dari faqih666.blogspot.com, universitas ini didirikan sekitar enam puluh tahun yang lalu, tepatnya pada 21 Desember 1957. Diresmikan oleh Raja Muhammad V sekaligus raja pertama Maroko pasca merdeka dari jeratan penjajahan Perancis, universitas ini didirikan sebagai langkah awal untuk modernisasi pendidikan dan perguruan tinggi di Maroko.

Dalam perkembangannya, universitas ini cukup mendapat peminat dan apresiasi dari masyarakat Maroko. Bahkan pada tahun 1993 universitas ini diperlebar dengan membuka dua cabang, yakni Universitas Muhammad V Agdal dan juga Universitas Muhammad V Soussi.

Data statistik menyebutkan Universitas Muhammad V Agdal (tahun 1996-1997) memiliki 1205 orang tenaga pengajar, 33.449 orang mahasiswa, termasuk 5537 mahasiswa doktoral. Universitas ini menyelenggarakan program pendidikan sarjana (SI) selama tiga tahun, program master (S2) selama dua tahun, serta program doktoral (S3) selama tiga tahun. Sedangkan Universitas Muhammad V Soussi pada tahun ajaran 2005-2006 memiliki sekitar 18531 orang mahasiswa dan mahasiswi.

Menurut rektor Universitas Muhammad V Agdal, Prof. Dr. Hafid Boutaleb Joutei pada hari peringatan ke lima puluh tahun Universitas Muhammad V tahun 2007, universitas ini semenjak kemerdekaan hingga sekarang telah melahirkan banyak tokoh penting Maroko. Mereka rata – rata ahli dalam bidang keilmuan sastra, hukum, ekonomi, sosial, teknologi, ilmu alam maupun teknik.

Universitas Muhammad V Agdal saat ini telah tergabung dengan kawasan pendidikan tinggi Euro-Mediterania (negara – negara Eropa dan Afrika Utara yang berada di kawasan laut Mediterania), hal ini sebagai upaya untuk mengembangkan mutu pendidikan, riset, inovasi, dan keberlangsungan kualitas pelatihan. Selain itu, universitas ini juga telah dipilih oleh Bank Dunia untuk mendukung pelaksanaan LMD (Lisensi Master Doktor) di Universitas Nouakchott, Mauritania.

Fakultas dan Lembaga
Universitas Muhammad V memiliki beberapa fakultas agama dan umum. Namun mahasiswa Indonesia hanya mengambil jurusan agama di kampus ini, sebagai mana mahasiswa Indonesia di Maroko di kota lainnya.

     1.    Fakultas sastra dan ilmu humaniora
Terletak di dekat asrama amahasiswa Soussi dan Asrama Bait Marifah. Fakultas ini mencakup kajian – kajian keislaman, filsafat, sosiologi, sastra Arab, Prancis, Inggris,Spanyol, Italia, Jerman, sejarah dan peradaban.

     2.    Fakultas sains
Mencakup kajian matematika, informatika, kimia, biologi, fisika dan administrasi.

     3.    Fakultas hukum dan sosial ekonomi
Gedung fakultas ini terletak berdampingan dengan fakultas sastra dan ilmu humaniora. Kajian cakupannya ialah hukum politik, hukum privat, ekonomi dan manajemen.

     4.    Sekolah Tinggi Teknik Mohammedia
Mencakup bidang kajian teknik sipil, teknik mineral, teknik industri, teknik elektro, teknik komputer dan teknik mesin.

      5.    Sekolah Tinggi Sale
Terletak di luar kota Rabat, tepatnya di kota Sale yang merupakan kota tetangga Rabat. Mencakup bidang kajian industri pemeliharaan, perkotaan dan lingkungan hidup, manajemen dan komunikasi perdagangan.

     6.    Institut Kajian Ilmiah (riset)
Mencakup bidang kajian ilmu tumbuhan, ilmu hewan dan ilmu pertahanan.

     7.    Institut Kajian Bahasa Spanyol
Terletak di sekitar bundaran Kementrian Produksi Tradisional, depan Tramway averrroechd). Mencakup bidang kajian bahasa, kebudayaan dann peradaban Spanyol.

Sarana dan Fasilitas
Universitas Muhammad V memiliki fasilitas dan sarana yang cukup menunjang untuk melangsungkan pendidikan. Di antaranya adalah gedung rektor, gedung pendidikan, auditorium, perpustakaan, laboratoriun, masjid,bulletin, majalah, jurnal ilmiyah masing – masing fakultas, kantin, kursus bahasa asing (Korea, Urdu dan Jepang), pusat kebudayaan, serta empat area asrama mahasiswa, dengan perincian;

     1.    Asrama Internasional (untuk mahasiswa non Maroko)
     2.    Asrama Soussi l dan ll (mahasiswa dan mahasiswi Maroko)
     3.    Asrama Agdal (mahasiswa Maroko)
     4.    Asrama Moulay Ismail (mahasiswa Maroko).
Sebagai referensi, biaya tinggal di asrama ini jauh lebih murah dibanding dengan sewa murah. Sistem pembayarannya dibayar setahun sekali. Di asrama juga terdapat kantin yang menyediakan makanan layak dengan harga yang sangat terjangkau.

Alumni Tokoh
Berbicara mengenai pamor suatu lembaga pendidikan maupun universitas, tak lengkap rasanya tanpa menyebutkan alumni maupun jebolan kampus yang mmenjadi tokoh. Banyak sekali alumnus Universitas Muhammad V ini menjadi tokoh di bidangnya masing – masing. Di antaranya ada yang menjadi ulama, diplomat, pejabat negara, bahkan Raja Muhammad V dulu menganyam pendidikan di kampus ini.

Di antara ulama terkenal yang yang merupakan alumni Universitas Muhammad V adalah;
      1.    Syekh Roughy (Rektor Universitas Al qurawiyyin Fez)
      2.    Syekh Muhammad Said Alkamali ( pengisi kajian nasional Al Muwattho)
      3.    Syekh Farid AL Anshori (ulama terkemuka Maroko asal Meknes)
      4.    Zakiyah Zuwainat (Ahli Antropologi tterkemuka Maroko)

Sedangkan tokoh diplomat dan pejabat negara yang merupakan alumni Universitas Muhammad V adalah;
     1.    Alhabib Assyaibani (Meenteri)
     2.    Mundzir Dan Nur usfur (Menteri)
     3.    Amal bin Idris bin Hasan

Demikianlah Profil Universitas Muhammad V Rabat, semoga dapat menjadi referensi untuk yang mau kuliah di Maroko. Salah satu profit kuliah di universitas ini adalah letaknya yang di ibukota, jadi semua fasilitas sangat lengkap, dekat dengan KBRI sehingga bisa intens mengikuti kegiatan yang ada, bisa sering - sering makan masakan Indonesia di KBRI, dan lain – lain.

Temukan informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini

0 Response to "Profil Universitas Muhammad V Rabat Maroko"

Post a Comment