Update Info Penting Via Facebook!

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah di Maroko


Perencanaan dan persiapan matang sebelum melakukan hal besar merupakan kunci atas keberhasilan hal yang akan kita lalui. Dengan membuat perencanaan, segala sesuatu yang ada di hadapan kita akan tampak lebih mudah untuk kita jalani. Persiapan matang juga merupakan langkah antisipatif akan segala kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi. Lalu, apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum kuliah di Maroko?
moderncombatandsurvival.com
      1.      Menguasai Medan
Ibarat hendak pergi berperang, sudah selayaknya seorang petempur mengetahui terlebih dahulu medan peperangan, titik mana saja yang berpotensi untuk dikuasai, dan persenjataan apa saja yang harus dibawa. Begitu juga sebelum berangkat kuliah di Maroko. Sebaiknya kita mengetahui apa saja hal-hal yang berhubungan dengan Maroko, meski tidak harus begitu detail. Yang paling penting, ketahui perihal kampus yang dituju, bagaimana sistem pembelajarannya, serta disiplin keilmuan apa yang dapat kita temukan. Dalam hal ini, bertanya pada kepada pihak terkait sangat perlu. Atau cukup dengan rajin browsing di internet.

      2.      Menguasai Bahasa Arab
Di Maroko, seluruh jurusan kuliah yang dapat kita pilih adalah jurusan keislaman seperti syariah, sastra Arab, Islamic studies, dan sebagainya. Tentu saja bahasa pengantarnya adalah Bahasa Arab. Bagi yang kemampuan Bahasa Arabnya masih pemula, ada baiknya untuk mengasahnya lagi di Indonesia, baik di pesantren maupun tempat kursus. Hal ini penting untuk efisiensi maupun kemudahan saat proses belajar. Jangan sampai waktu yang seharusnya kamu dapatkan dengan memperbanyak inti sari ilmu, justru masih membuatmu sibuk dengan sarana untuk mencapai ilmu itu sendiri.


      3.      Pondasi Dasar Ilmu Agama
Persiapan yang tidak kalah penting lainnya adalah penguasaan pondasi dasar ilmu agama. Tentu saja kultur keagamaan di Indonesia berbeda dengan Maroko. Jika di Indonesia mayoritas umat Islam bermadzhab Syafii, maka di Maroko madzhab Maliki menjadi panutan utama. Pengetahuan dasar semacam ini sangat penting untuk membawa level ilmu ke jenjang yang lebih tinggi dengan menjunjung tinggi perbedaan.


      4.      Biaya atau Sponsor
Salah satu hal terpenting untuk menunjang proses belajar ialah adanya kecukupan biaya atau sponsor. Meski di Maroko menyediakan beasiswa untuk kebutuhan hidup, namun keperluan semisal membeli dan mengoleksi buku, hadir di seminar atau kajian serta menghadiri acara komutas tentu tak boleh diabaikan. Apalagi kebutuhan hidup di Maroko lebih tinggi dibanding di Indonesia. Tidak melulu dari orang tua, kita juga bisa mandiri dengan usaha pembuatan tempe maupun menjadi tour guide, namun pilihan ini tentu tidak mudah.

      5.      Mental
Menjalani kehidupan baru di tanah perantauan tentu sangat berbeda dengan tanah kelahiran. Butuh penyesuaian dan kesiapan mental atas hal-hal baru, kultur baru, orang baru dan karakter baru yang kita temui. Apalagi, tak jarang hal-hal baru ini menimbulkan efek negatif terhadap diri.

      6.      Pakaian Tebal
Ada baiknya sebelum berangkat ke Maroko kamu membawa pakaian tebal yang cukup seperti jaket dan sweater. Karena pakaian tebal pasti sangat dibutuhkan saat musim dingin tiba. Meski di Maroko sendiri tersedia dengan pilihan yang lebih beragam, namun membeli di Indonesia bisa jadi menghemat biaya pengeluaran.

      7.      Kecap dan Bumbu Instan
Buat kamu yang terlanjur terbawa dengan lidah Indonesia dan susah move on dari masakan nusantara, membawa bekal kecap dan bumbu instan untuk persediaan beberapa bulan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, masakan ala Maroko yang didominasi oleh roti dan olahan lauk berbumbu seadanya bisa membuatmu kurus jika tidak menyukainya. Paling tidak, bawalah persediaan untuk mencukupi tiga bulan sekaligus mencoba beradaptasi dengan masakan Maroko.

Demikianlah ulasan tentang 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum kuliah di Maroko. Semoga bermanfaat. Jika ada hal yang ingin diutarakan, silakan tulis di kolom komentar.

Baca informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini

0 Response to "7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah di Maroko"

Post a Comment