Update Info Penting Via Facebook!

Apa Itu Maroko? | Sekilas Tentang Maroko

Bismillahirrahmanirrahim...
Hai, sobat. Ada yang sudah pernah dengar tentang Maroko? Apa sih Maroko itu? Jika kalian menjawab pernah mendengarnya dalam salah satu
lirik lagu nasional “Dari Sabang sampai Maroko berjajar pulau-pulau”, eitth... itu MERAUKE kaliii. Bukan Maroko. Jadi, apa dong Maroko itu?

Baiklah, baik. Memang Maroko barangkali belum banyak yang mengetahui, bahkan mendengar namanya saja mungkin baru kali ini. Namun sekarang saya akan informasikan kepada sobat sekalian, apa itu Maroko, seluk beluknya, dan sekilas tentang hal yang berhubungan dengan Maroko.

bendera Maroko via fr.dreamstime.com
Maroko merupakan sebuah negara yang terletak di ujung barat laut benua Afrika. Meskipun berada di Benua Afrika, namun jangan dibanyangkan kalau Maroko penduduknya berkulit hitam. Justru penduduk Maroko itu berkulit putih. Tidak heran karena letak geografisnya yang berdekatan dengan benua Eropa. Hanya sekitar 13 km ke utara menyeberangi selat Gibraltar sudah bisa mencapai Negara Spanyol. Secara historis, melalui Maroko lah dahulu Islam masuk ke Eropa hingga sempat menguasai peradaban selama berabad-abad sebelum akhirnya kembali runtuh di tangan orang-orang Nasrani. Sebelah barat, cakupan wilayahnya berbatasan dengan Samudra Atlantik, sebelah utara dengan Negara Mauritania, sebelah timur dengan Negara Aljazair, dan sebelah utara dengan Laut Mediterania, Selat Gibraltar.

Dalam Bahasa Arab, Maroko biasa disebut dengan sebutan Maghrib (Mamlakah Maghribiyyah).  Negara islam dengan sistem pemerintahan monarchi semi-konstitusional ini termasuk dalam anggota Liga Arab yaang paling berpengaruh. Awal mula dibentuknya Negara Maroko adalah bentukan dari Dinasti Idrisiyyah pada tahun 789M. Sejak saat itu, maroko dikuasai oleh kerajaan-kerajaan kecil yang berdiri di sekitar kota Marrakech, Fez, dan Rabat. Hingga pada tahun 1912 Maroko dijajah oleh impreliasme Perancis, dan merdeka pada 7 April 1956 M. Maroko juga pernah tercatat sebagai negara jajahan Spanyol.

Penduduk asli Bangsa Maroko adalah Bangsa Berber atau yang biasa disebut dengan Bangsa Amazigh. Mereka sebenarnya mempunyai bahasa sendiri sekaligus aksara yang disebut dengan Bahasa Amazigh, akan tetapi bahasa resmi yang digunakan oleh Negara Maroko, termasuk dalam urusan administratif adalah Bahasa Arab sebagai bahasa pertama dan Bahasa Prancis sebagai bahasa kedua. Bahasa Arab digunakan sebagi pengantar dalam pendidikan islam, sedangkan Bahasa Prancis digunakan sebagai pengantar dalam pendidikan umum. Pada pendidikan tertentu seperti ekonomi, biasanya Bahasa Inggris yang digunakan sebagai pengantar. Adapun dalam komunikasi sehari-hari, Orang Maroko biasa menggunakan Bahasa Darijah, semacam perpaduan antara Bahasa Arab, Amazigh, Prancis, dan Spanyol.

Maroko bisa dikatakan sebagai negara yang unik karena mempunyai dua ibukota, Kota Rabat sebagai ibukota administrasi, sedangkan Kota Casablanca sekaligus kota terbesar di negara ini ditunjuk sebagai ibukota industri dan pusat perekonomian. Mata uang Maroko adalah MAD atau Dirham Maroko. Dibandingkan dengan Rupiah Indonesia saat ini, Dirham Maroko lebih kuat nilainya, karena sekitar 9 Dirham Nilainya sama dengan satu Dolar Amerika.
Uang 200 Dirham yang merupakan uang pecahan tertinggi
Menurut data yang dimuat dalam wikipedia, jumlah penduduk Maroko pada tahun 2014 diperkirakan lebih dari 33 juta jiwa. Dengan total wilayah seluas 446.550km2, kepadatan penduduk rata-rata mencapai 75 jiwa per kilo meter persegi. Wilayah geografis Maroko didominasi oleh wilayah gurun dan pegunungan yang terjal seperti Gurun Sahara yang gersang dan Pegunungan Atlas yang bersalju. Maroko juga mempunyai garis pantai yang begitu panjang. Samudra Atlantik membentang di sebelah baratnya dan Laut Mediterania di utaranya. Tidak salah jika Maroko kaya akan wisata alamnya yang amat indah mengagumkan. Kondisi alamnya juga mendukung berbagai macam tanaman tumbuh sehingga membuat negara dengan julukan Negeri Mata Hari Terbenam ini subur dan tidak gersang. Beraneka jenis sayur mayur dan buah-buahan dapat dengan mudah kita jumpai dengan harga yang lumayan terjangkau, begitu juga dengan Zaitun,tanaman dengan sejuta manfaat. Bahkan tanaman Argan yang merupakan tanaman ajaib yang mempunyai sejuta khasiat hanya bisa ditemukan di Maroko, tepatnya di kota Agadir.

Tanaman Argan via lgbotanicals.com
Maroko dikenal juga dengan budayanya yang amat kaya. Perpaduan antara kultur Afrika, Arab dan Eropa menjadikannya negara yang diwarnai dengan sejuta keistimewaan, kesenian, budaya, adat istiadat. Hal ini paling jelas bisa dilihat dari keindahan arsitektur bangunan-bangunan dan masjid. Tak hanya itu, sebagai negara Islam yang mempunyai sejarah peradaban islam yang kental, Maroko juga menjadi salah satu negara tujuan dalam menuntut ilmu agama. Pelajar dari berbagai negara berbondong-bondong mendatangi kota-kota ilmu penting seperti Rabat, Casablanca, Fez, Marrakesh, Tangier, Tetouan dan lain-lain. Bahkan pemerintah Maroko menyediakan beasiswa bagi pelajar asing termasuk dari Indonesia.

Demikianlah sekilas tentang Maroko, negara yang juga berjulukan sebagai Negara Seribu Benteng. Jika Sobat punya pertanyaan seputar Maroko, silakan diutarakan di kolom komentar! Merci beaucoup!

Baca informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini


0 Response to "Apa Itu Maroko? | Sekilas Tentang Maroko"

Post a Comment