Update Info Penting Via Facebook!

7 Alat Transportasi Umum di Maroko

Maroko Mizyan - Alat trasnportasi menjadi suatu hal yang penting bagi kehidupan. Keberadaannya begitu vital demi kelancaran mobilitas manusia, lebih - lebih di zaman modern. Dengan alat transportasi, manusia menjadi lebih cepat dan efisien untuk mencapai suatu tempat yang ingin ditujunya, baik yang berjarak pendek maupun jauh.

Maroko sebagai negara dengan banyak destinasi wisata, tentu banyak dikunjungi oleh pelancong dan wisatawan domestik maupun asing. Dan Maroko merupakan negara yang menyediakan fasilitas transportasi darat publik yang cukup lengkap dan bervariasi. Berikut adalah ulasan 7 alat trasnportasi umum di Maroko;

1. Kereta Api
Sebagaimana di negara - negara lainnya, kereta api seakan sudah menjadi alat transportasi darat paling efisien untuk melakukan suatu perjalanan jauh. Meskipun ongkosnya lebih mahal namun kereta api menawarkan perjalanan yang nyaman dan stabil. Jalur relnya yang terkadang melintasi alam membuat perjalanan menjadi lebih berkesan.

2. Bus Antar Kota
Jika Anda menghendaki perjalanan jauh dengan biaya murah, bus antar kota bisa menjadi solusi. Namun tentu saja terdapat beberapa resiko yang munhkin saja terjadi. Di kota - kota tertentu, kualitas bus banyak yang kurang layak. Ketidakteraturan dalam pengaturan kuota tiket juga sering membuntutkan kericuhan antar penumpang, rawan pencopetan dan tindak kejahatan lainnya. 

Namun tidak semuanya seperti itu. Banyak juga bus dengan kualitas yang sangat baik dan nyaman untuk dikendarai. Tidak hanya dalam kawasan Maroko saja, bus ini juga melayani perjalanan ke Eropa seperti Spanyol, Belgia, Prancis, Belanda dan sebagainya. Tentu saja dengan mengendarai kapal melewati jalur laut terlebih dahulu melalui laut Mediterania.

3. Bus CTM
Anda bisa mencoba mengendarai bus CTM untuk perjalanan antarkota dengan rute perkotaan. Meskipun ongkosnya hampir setara tiket kereta api, namun kenyamanan penjalanan Anda terjamin. Sistem keteraturan CTM berjalan  sebagaimana kereta api maupun pesawat. Pemberangkatan yang sesuai jadwal, kuota yang sesuai dan kualitas bus yang baik menjadi jaminan kenyamanan perjalanan Anda.

4. Bus Dalam Kota
Untuk berjalan mengelilingi kota dari satu titik ke titik yang lain, barang kali bus ini bisa anda jadikan alternatif. Dengan biaya yang hanya 3 sampai 5 dirham (tergantung jarak dan kota tempat bus itu berada), tentu sangan terjangkau jika dibandingkan dengan taksi. Namun sayangnya tidak semua kualitas bus baik. Terutama di kota besar seperti Casablanca dan Rabat. Tidak adanya pembatasan jumlah penumpang seringkali membuat bus over capacity. Hal ini menjadikan penumpang berdesakan, tidak mendapatkan tempat duduk, dan rawan tindakan kriminal.

5. Tramway
Tramway yang ada di kota Rabat
menghubungkan kota Sale, via ar.le360.ma

Seperti halnya kota - kota besar di negara Eropa, Maroko juga mempunyai kereta trem yang biasa disebut Tramway, sebuah kereta yang mempunyai rel khusus dalam kota. Terdapat banyak titik pemberhentian pada Tramway dan frekuensi kedatangannya pun hanya sekitar 10 menit sehingga tidak membuat  menunggu lama. Hanya dengan 7 dirham, Anda sudah bisa berkeliling kota. Sayangnya fasilitas ini hanya tersedia di kota Casablanca dan Rabat -Sale saja.

6. Taxi Petite
Taxi Petite atau dalam terjemahannya adalah taksi kecil merupakan taksi sebagaimana umumnya. Suatu transportasi dalam kota yang melayani penumpang dari satu titik ke titik lain dengan sistem argo. Semakin jauh jarak tempuh semakin mahal pula ongkosnya. Anda juga bisa meminta pergi ke mana saja selama masih dalam satu kota. Taksi ini hanya melayani maksimal 3 penunpang sehingga kenyamanan penumpang terjaga.

7. Taxi Grande
Taxi Grande atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan taksi besar merupakan taksi dengan muatan minimal 6 orang. Jenisnya pun berbeda-beda, ada yang seukuran taxi petite (dengan empat tempat duduk) ada yang lebih besar, ada pula yang seperti mobil pribadi. Pada umumnya taxi grande hanya melayani pada jalur tertentu saja dengan tarif sekitar 5 dirham. Taksi jenis ini juga melayani penumpang yang ingin menuju tempat wisata tertentu atau ke luar kota dengan tarif khusus.

Demikian ulasan tentang 7 Alat Transportasi Umum di Maroko. Semoga bisa membantu dan menjadi panduan bagi Anda yang ingin jalan-jalan mengelilingi Maroko.

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini

0 Response to "7 Alat Transportasi Umum di Maroko"

Post a Comment