Update Info Penting Via Facebook!

Informasi Beasiswa S1 dan Program Bahasa King Saud University


Maroko Mizyan – mendapatkan beasiswa dan berkesempatan kuliah di luar negeri tentu menjadi impian setiap orang. Banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studinya di negara – negara Timur Tengah untuk menggali lebih dalam tentang keilmuan Islam. Tidak sedikit dari mereka yang kuliah dengan berbeasiswa, apalagi kuliah di King Saud University (KSU) yang menawarkan beasiswa penuh. Baca juga Kumpulan Informasi Beasiswa Timur Tengah

King Saud University, via applysquare.com


Keuntungan belajar atau kuliah di Arab Saudi bisa dibilang paling banyak dibandingkan dengan kuliah di negara – negara Timur Tengah lain. Mulai dari besarnya beasiswa diberikan, banyaknya syeikh dan ulama besar yang setiap waktu membuka jadwal pengajian rutinan yang dapat kita ikuti kapan pun kita luang, serta kesempatan untuk melakukan ibadah umroh dan haji dengan mudah.

Biaya hidup di Arab Saudi memang cenderung lebih mahal dibanding dengan di Indoonesia, termasuk biaya sewa rumah, biaya konsumsi, hingga biaya buku dan kitab. Namun tak jarang para mahasiswa Indonesia sering mendapatkan itu semua dengan harga yang lebih murah atau bahkan gratis alias cuma – cuma.

Sekilas Tentang KSU (King Saud University)
King Saud University merupakan kampus terbesar di Kerajaan Arab Saudi. Terletak di ibukota, Riyadh, kampus ini dilengkapi dengan fasilitas terlengkap, mulai dari asrama pelajar, perpustakaan, lapangan ilahraga, pusat kebugaran, minimarket, pusat kesehatan, dan sebagainya.

Selain fasilitas tersebut, mahasiswa juga diberikan beasiswa berupa uang ganti tiket pesawat, biaya visa, kitab – kitab materi kuliah, uang jajan sebesar 840 Rial perbulan, serta subsidi makan harian dengan harga 9 Rial sehari. Dengan fasilitas dan beasiswa lengkap seperti itu, mahasiswa diharapkan bisa fokus untuk belajar, tidak perlu pusing – pusing memikirkan hal lain. Dan yang lebih bagus lagi, setiap tahun setiap mahasiswa diberikan tiket gratis untuk liburan ke negara asalnya.

Dengan fasilitas tersebut, mahasiswa juga diharapkan bisa jauh lebih hemat. Karena biaya hidup di Arab Saudi yang tergolong tinggi, seperti rumah sewa yang bisa mencapai 10.000 Rial pertahun, atau uang makan yang bisa mencapai 50 Rial perhari. Di asrama juga dilengkapi dengan dapur yang memungkinkan pelajar untuk masak menu kesukaan apabila bosan dengan menu – menu yang disediakan oleh pihak kampus. 

Program Kuliah di King Saud University
Disarikan dari ppmiriyadh.com, program sarjana KSU menyediakan tiga program kuliah pilihan; Humaniora (mencakup fakultas ilmu sosial, ekonomi, sastra, pendidikan, hukum, politik, kebudayaan, dan lain – lain), Sains (mencakup tekhnik, fisika, kimia, dan lain – lain), serta kedokteran.

Untuk kuliah kedokteran, memang dikhususkan untuk pelajar Arab Saudi sendiri, sehingga pelajar asing tidak diperkenankan untuk mengambil kuliah ini. Sedangkan kuliah sains bisa dimasuki pelajar asing namun harus memperoleh nilai sempurna dalam ujian persiapan (nilai 5 dari skala 5). Mayoritas mahasiswa Indonesia mengambil kuliah yang pertama dengan bermacam – macam jurusan.

Perlu diketahui bahwa seluruh pelajar asing diwajibkan mengikuti kelas bahasa sebelum masuk program S1 di KSU, meskipun yang bersangkutan sudah sangat mahir dalam bahasa Arab. sebelum masuk, pelajar dites terlebih dahulu untuk menentukan kelas bahasa, apakah satu tahun atau dua tahun.

Khusus untuk pelajar perempuan, diwajibkan sudah mempunyai mahroh yang tinggal di Saudi. Posisi mahrom bisa sorang mahasiswa, pekerja ataupun pegawai kedutaan serta tidak boleh berangkat bersama atau belakangan dengan pelajar perempuan tersebut.

Tahun ini, KSU membuka tiga program beasiswa untuk pelajar asing, yaitu  (1) Ma’had Lughoh wa Tsaqofah, (2) Diplom Ali Tadrib Mu’allimin, dan (3) Diplom Ali Lughowiyyah Tathbiqiyyah.

Program pertama merupakan program kelas bahasa yang diperuntunkan untuk mahasiswa asing sebelum masuk ke jenjang sarjana (S1). Lama belajar adalah 1 sampai 2 tahun, tergantung kemampuan bahasa Arab saat melakukan tes. Program kedua merupakan program yang dikhususkan bagi guru – guru bahasa Arab atau sekurang – kurangnya pernah berpengalaman menjadi guru Bahasa Arab selama dua tahun. Jadi harus sudah mempunyai ijazah S1 dan lama program ini hanya satu tahun. Sedangkan program ketiga diperuntunkan bagi lulusan S1 yang yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Arab terapan. Program ini setara dengan kuliah pasca sarjana dan lama waktunya adalah dua tahun. 
Jangan ketinggalan Info; Dibuka Pendaftaran Beasiswa Najran University sampai Oktober 2018.
Persyaratan dan Ketentuan
Program pertama (Ma’had Lughoh wa Tsaqofah)
·         Mempunyai Ijazah SMA sederajat yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Arab oleh penerjemah resmi tersumpah
·         Transkrip nilai yang sudah diterjemahkan dengan nilai rata – rata minimal 80 (jayyid jiddan)
·         Mempunyai paspor aktif
·         tidak sedang menjalani program yang sama di Saudi Arabia
·         usia pelamar tidak lebih dari 25 tahun
·         pelamar dari kalangan perempuan diharuskan sudah mempunyai mahram yang tinggal di Saudi.

Program kedua (Diplom Ali Tadrib Mu’llimin);
·         Mempunyai ijazah S1 yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah resmi tersumpah
·         Transkrip nilai yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah resmi tersumpah dengan nilai jayyid jiddan
·         Pelamar adalah seorang pengajar Bahasa Arab yang dibuktikan dengan surat keterangan mengajar.
·         Mempunyai paspor aktif
·         Mendapatkan surat rekomendasi dari lembaga, tokoh maupun dosen bahasa Arab
·         Usia pelamar tidak boleh lebih dari 35 tahun

Program ketiga (Diplom Ali Lughowiyyah Tathbiqiyyah);
·         Mempunyai ijazah S1 yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah resmi tersumpah.
·         Traskrip nilai yang sudah ditermahkan dengan nilai rata – rata jayyid jiddan
·         Mempunyai paspor
·         Surat rekomendasi lembaga, tokoh maupun dosen Bahasa Arab.

·         Usia pelamar tidak lebih dari 35 tahun
NOTE: Jika Anda merasa bingung mencari jasa penerjemah tersumpah dengan pelayanan mudah dan terpercaya, Percayakan saja pada jasa penerjemah tersumpah Penerjemah-id.com

Untuk informasi seputar prosedur dan tutorial pendaftaran lengkap, klik DI SINI

Demikianlah Informasi Beasiswa S1 dan Program Bahasa King Saud University, apabila terdapat hal – hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Temukan informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs DI SINI

16 Responses to "Informasi Beasiswa S1 dan Program Bahasa King Saud University"

  1. Kapan terakhir pendaftaran?? Dan apa link formulir pendaftaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir 8 September.
      Silakan cermati tata cara dan panduan mendaftar.

      Delete
  2. Kalau nilai saya 77,7(jayyid Jiddan) bagaimana? Apakah masih bisa mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak ada standar persyaratan baku dalam mendaftar. Jadi silakan coba saja

      Delete
  3. Apakah kita wajib memiliki hafalan al qur'an?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak wajib.
      Yang penting persyaratan di atas lengkap.

      Delete
  4. Replies
    1. Silakan cari di laman cara dan tutorial pada tulisan merah "klik DI SINI"

      Delete
  5. admin ana mau tanya, kalau punya transkip nya raport pondok & ada sertifikat bhs arab, tetapi ijazah nya paket c, apakah bisa utk mendaftar?

    ReplyDelete