Update Info Penting Via Facebook!

Informasi Beasiswa Universitas Bilad Al Syam Syiria 2018


Maroko Mizyan – Negeri Syam memang terkenal sebagai salah satu pusat studi keilmuan Islam yang populer dari dahulu hingga sekarang. Sebagai tempat sejarah peradaban Islam berada, Syam tentu melahirkan ulama kaliber dunia. Sebut saja Syekh Said Romadhon al Buthi yang merupakan ulama sunni kontemporer yang telah melahirkan banyak literatur keislaman.
pict by facebook.com

Sampai saat ini, Negeri Syam (julukan bagi negara Syiria atau Suriah) masih tetap eksis menjadi pusat studi sarjana Islam dari berbagai dunia. Dan salah satu universitas yang membuka peluang bagi pelajar Indonesia yang ingin mengenyam ilmu di Syiria adalah Universitas Bilad al Syam.

Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alamsyi) telah berhasil menjalin kerjasama dan memperoleh Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Bilad al Syam (di bawah Kementerian Wakaf Republik Arab Suriah) dalam bidang pendidikan. Maka dari itu, dalam penindaklanjutan kerjasama, pengurus pusat Alamsyi akan melakukan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru program sarjana jurusan Syariah wa al Qonun dan  Dakwah wa al I’lam.

Tujuan dari pada seleksi ini adalah untuk menyaring dan menyalurkan lulusan Madrasah Aliyah/ Pondok Pesantren/ Sederajat yang ingin melanjutkan studi ke Suriah. Materi ujian seleksi mencakup kemampuan akademik, bacaan al Quran dan kemampuan Bahasa Arab, yang secara rinci berupa Ujian Tulis (pemahaman teks Bahasa Arab, tata bahasa, dan insya’, serta pengetahuan agama Islam) dan Ujian Lisan (percakapan Bahasa Arab, terjemah dan pemahaman teks).

Beberapa persyaratan untuk mengikuti seleksi ini adalah;
     1.    Melakukan pendaftaran dengan mengirimkan biodata via e-mail sekretariat.alsyamni@gmail.com atau via WhatsApp yang tertera pada lampiran.
     2.    Pas foto berukuran 3x4 sebanyak dua lembar
     3.    Melampirkan legalisir ijazah MA/SMA sederajatdari lembaga setempat dengan ketentuan;
-       Usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun
-       Bagi yang belum memiliki ijazah harus melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah atau lembaga yang bersangktutan
      4.    Harap melampirkan paspor bagi peserta yang sudah mempunyai paspor
      5.    Semua persyaratan dalam bentuk (hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi paling lambat pada tanggal 19 Agustus 2018
      6.    Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan dmisili wilayah atau provinsi masing – masing.

Terkait dateline, pendaftaran via e-mail atau WhatasApp dapat dilakukan sejak pengumuman ini keluar sampai tanggal 18 Agustus 2018 dan waktu pelaksanaan seleksi dilakukan serentak pada tanggal 19 Agustus 2018 di beberapa di lima wilayah provinsi; Pondok Pesantren al Kenaniyyah (DKI Jakarta), Pondok Pesantren Darul Halim (Jawa Barat), Pondok Pesantren al Anwar (Rjawa Tengah), Pondok Pesantren Bayt al Hikmah (Jawa Timur) dan Pondok Pesantren Ni’matullah (Riau). Pengumuman kelulusan akan dilakukan tiga hari kemudian, tepatnya tanggal 22 Agustus 2018.

Beasiswa yang akan diperoleh ketika lolos seleksi meliputi biaya pendidikan, biaya tempat tinggal (asrama), biaya izin tinggal (iqamah) serta biaya makan. Untuk keterangan lengkap silakan baca surat edarannya DISINI.

Demikianlah informasi beasiswa Universitas Bilad Al Syam Suriah. Apabila terdapat hal yang hendak ditanyakan, silakan tulis di kolom komentar. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs DI SINI. Baca juga Kumpulan Informasi Beasiswa Timur Tengah.

0 Response to "Informasi Beasiswa Universitas Bilad Al Syam Syiria 2018"

Post a Comment